Senin, 25 Januari 2010

Jenis Hantu di Indonesia (1)

Hantu atau dikenal juga sebagai mahluk halus sudah sejak dulu dipercaya oleh budaya berbagai masyarakat di dunia khususnya di Indonesia. Disebut sebagai mahluk halus karena memang wujudnya berbeda dengan manusia yang bisa dilihat dan diraba. Menurut kepercayaan hantu/mahluk halus hidup di dimensi yang berbeda dengan manusia. Mahluk halus mempunyai sedikit ‘kelebihan’ ia dapat masuk dan dapat melihat dimensi manusia, sedangkan manusia tidak.

Hantu merupakan kepercayaan lama yang muncul ketika manusia masih mengenal kepercayaan animisme. Ketika itu manusia belum mampu menguak rahasia alam dengan tepat sehingga segala sesuatu yang misterius seperti gerhana matahari dianggap perbuatan hantu atau roh jahat. Di Negara-negara maju sekalipun kepercayaan terhadap hantu itu belum hilang sama sekali, buktinya film-film horror seperti Freddy’s Nightmare dan The Exorcist selalu menepati urutan film yang laku dipasaran.

Setiap masyarakat dan budaya setempat memiliki kepercayaan terhadap hantu, khususnya disetiap wilayah Indonesia mempunyai kepercayaan tentang mahluk halus dengan penggambaran dan karakter masing-masing, berikut misteri bumi sajikan beberapa hantu yang dipercaya oleh beberapa daerah :

Begu Ganjang
Mahluk halus ini menjadi kepercayaan masyarakat daerah Tapanuli yang artinya Hantu Panjang. Hantu ini suka muncul ditempat-tempat yang sepi dan gelap dalam bentuk bayangan hitam yang panjang. Mula-mula bentuknya kecil tetapi semakin lama semakin panjang dan membesar seperti raksasa. Bagu panjang dipercaya suka membunuh mangsanya. Mahluk halus ini dianggap sebagai peliharaan orang yang berilmu hitam

Kuntilanak
Dalam kepercyaan tanah Jawa Mahluk ini digambarkan dengan wujud perempuan cantik, ramburnya panjang terurai dan dipunggungnya terdapat lubang besar. Hantu ini biasa muncul pada malam hari dan selalu didapati bertengger di dahan-dahan pohon besar. Kebiasaan mahluk ini keluar pada waktu senja. Kalau diluar rumah sudah mulai gelap. Ia berjalan diselokan kecil atau diatas pohon sambil berbunyi kut-kut-kut seperti orang yang memanggil ayam. Hantu ini paling banyak difilmkan di Negara kita dan merupakan symbol hantu yang menyeramkan.

Orang Bunian
Dalam kepercayaan masyarakat Sumatra timur terdapat kepercayaan terhadap orang bunian. Kepercayaan ini didapat dari masyarakat batak. Khususnya Mandailing. Dipercaya orang bunian dahulunya dari manusia biasa juga. Hanya karena peristiwa yang memalukan, mereka lalu menghilangkan diri ke dimensi lain. Orang Bunian sering mengadakan pesta dengan iringan musik. Keramaian dan pesta ini bisa memikat seorang manusia untuk bergabung dan menjadi penduduk bunian, atau seorang pria yang tertarik dengan gadis bunian dan tidak pernah pulang lagi. Kalaupun ditemukan biasanya sudah tidak waras atau gila.

Hantu Korod
Dalam kepercayaan masyarakat sunda dikenal mahluk halus yang bernama Hantu Korod, yaitu hantu jantan yang kebiasaannya mengganggu perempuan-perempuan muda pada waktu senja hingga malam hari. Menurut penelusuran Majalah Misteri Pada tahun 1920 di Tanah pasundan pernah seorang gadis berusia 16 tahun mendapat gangguan mahluk tersebut ketika sedang mandi diwaktu senja disebuah pancuran kecil. Setelah selesai mandi ia mendapati seorang pemuda tampan tersenyum berdiri memandangnya/ Gadis it u terus menerus mengingat pemuda tersebut sambil berkata “Aku mau menikah dengan orang tadi”.
Pada keesokan harinya gadis itu menghilang. Orang tua dan penduduk setempat pun melakukan pencarian. Setelah dilakukan pencarian kesana-kemari anak gadis itu ditemukan ditengah-tengah pohon salak yang penuh duri. Walupun tubuhnya luka-luka namun gadis itu tidak merasa sakit. Ia pun tidak sadar lagi siapa dirinya, pandangan matanya pun kosong. Ia sering mengigau bahwa ia ingin menikah dengan seorang pemuda. Beberapa hari kemudian gadis itu meninggal.

Hantu Ipri
Bila hantu Korod jenis Jantan, maka hantu ipri berjenis kelamin wanita, Bentuknya perempuan dibagian atas dan berbentuk ikan dan tinggal di daerah perairan di bagian bawah, kepercayaan ini sama persis dengan kepercayaan Mitologi Yunani kuno dan masyarakat eropa tentang Putri Duyung (Mermaid) yang suka menggoda para pelaut dan menenggelamkan mereka. Mahluk halus ini sering dipuja karena dapat mendatangkan rezeki dengan mudah.

Banaspati
Hantu ini digambarkan mirip dengan manusia biasa hanya tidak mempunyai hidung, kepercayaan pada hantu ini banyak tersebar di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Madura. Hantu ini sering mengeluarkan bunyi “Oek-Oek” dan akalu berjalan selalu mendongak keatas karena malu memperlihatkan lubang hidiungnya. Hantu ini ditakuti karena dianggap membawa malapetaka. Bila suaranya terdengar , maka itu merupakan tanda akan datangnya bencana.

Berikut beberapa kepercayaan terhadap mahluk halus, sisanya misteribumikita.blogspot.com akan mengulas jenis lainnya di postingan mendatang
Misteribumikita@blogspot.com menghargai anda jika mau melihat-lihat iklan text sponsor kami dibawah ini,terima kasih..


Lihat Juga :

-Ilmu Kanuragan
-Mahluk-mahluk Legenda
-Brigade Supranatural Rusia
-Setan Dalam Kepercayaan
-Misteri Dunia Paralel
-Hipnotis, Apa Itu?
-Misteri The Flying Dutchman
-Penemuan Manusia Kecil
-Ramalan Tenggelamnya pulau jawa
-Misteri Segitiga bermuda
-Apa Arti Sebuah Mimpi?
-El Cuprhacabra, Monster atau Rekayasa?
-UFO Sebuah Fenomena

1 komentar:

seram la...serupa sahaja dgn hantu di malaysia sebab budaya kita hampir sama..

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites